Galeri Foto

Wakil Walikota Jadi Pembina Upacara HUT Pekanbaru ke-235 dan Harganas 

Bersatu Padu dan Bersinergi untuk Memajukan Pekanbaru 

Selasa, 25-06-2019

Advertorial Pemko Pekanbaru 

PEKANBARU--(KIBLATRIAU.COM)-- Pemerintah Kota Pekanbaru mengelar apel hari jadi Kota Pekanbaru ke- 235 tahun 2019 dan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke- 28. Sementara itu, apel ini dilaksanakan di kompleks perkantoran Walikota Pekanbaru, Jalan  Badak, Kecamatan Tenayan Raya, Senin (24/06/2019). Dalam apel itu, yang bertindak sebagai pembina upacara adalah Wakil Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi SSi.  Hadir dalam acara tersebut, Danrem 031/WB, Brigjen TNI Muhammad Fadjar. Kepala BPBD Kota Pekanbaru, Edwar Sanger. Dandim 0301/PBR, Letkol Inf Andri Sulistiwan. Selain itu, Kadispers Lanud RN Pekanbaru, Letkol Pnb Dedi Supriyanto, Kapolresta Pekanbaru, Kasatpol PP Kota Pekanbaru, Para Kadis jajaran Pemko Pekanbaru, Unsur Forkopinda Pekanbaru, tamu dan undangan lainnya.

Dalam paparannya, Ayat Cahyadi SSi menjelaskan, selamat ulang tahun ke-235 Kota Pekanbaru tahun 2019, sehingga Kota Pekanbaru kedepan semakin maju.  Selain itu, ia menginginkan masyarakat Kota Pekanbaru yang sehat jasmani dan rohani, sehingga terciptanya masyarakat yang cerdas. Sejarah Kota Pekanbaru berawal dari perdagangan yang berkembang menjadi pasar yang tumbuh hingga saat ini, dalam bahasa Melayu arti dari Pekan adalah Pasar.

''Dalam kesempatan ini saya mengajak seluruh pegawai untuk bekerja untuk mengayomi masyarakat dalam memberikan pelayanan. Selain itu, hari ini juga bertepatan dengan HUT Harganas (Hari Keluarga Nasional) ke-28, maka saya mengajak kepada seluruh orangtua, bahwa peran kita sangatlah menentukan untuk kemajuan generasi kedepannya,'' harap Ayat. Dijelaskan Ayat, HUT Kota Pekanbaru jatuh pada hari Ahad (23/6/2019). Berbagai agenda dan kegiatan telah dilakukan oleh Pemko Pekanbaru dalam memeriahkan hari jadi tersebut. Seperti perlombaan, aksi bersih sungai siak, uji tanding dragon boat serta yang lainnya. ''Mari kita bersatu padu dan bersinergi untuk memajukan Pekanbaru, sehingga kita semua lebih sejahtera. Sesuai visi Pekanbaru ada tiga pilar yang menjadi tugas kita bersama,'' ujar Ayat. Dijelaskan Ayat, bahwa pilar pertama adalah Sumber Daya Manusia (SDM), dimana Masyarakat Kota Pekanbaru telah mencapai rata - rata mencapai pendidikan 12 Tahun. Itu artinya telah memenuhi target tertinggi di Riau. "Pekanbaru Kota Perdagangan dan Jasa, jadi SDM kita jangan jadi penonton, jadi pelaku usaha. Secara kasat mata kita sudah lihat perkembangan Pekanbaru dari tahun ke tahun, ini peluang dan harus kita raih,'' sebut Ayat.

Ditambahkan Ayat, pilar ke dua mengenai kesehatan, Kota Pekanbaru telah membangun RSD Madani. Terlebih lagi, rumah sakit sudah banyak di Pekanbaru. ''Namun penggesahan penyelesaian RSD Madani dari Rawat Jalan ke Rawat Inap, itu preventif untuk masyarakat. Karena tidak akan susah untuk pelayanan BPJS. Mudah- mudahan kita dapat bantuan dari Pemprov dan APBN,'' katanya. Dan kata Ayat , pilar Ketiga, yaitu insfrastruktur yang menjadi banyak keluhan masyarakat. ''Mari kita bahas bersama - sama di APBD Perubahan, PUPR telah menyiapkan master plan, tinggal actionnya saja. Selain itu, ada angin segar dari pihak Provinsi untuk merundingkan sama - sama dibahas di APBD Perubahan untuk masalah banjir. Mudah - mudahan kita mendapat bantuan dari Provinsi baik anggaran dan Kordinasi dengan Pemerintah Daerah lain yang terkait seperti Kabupaten Kampar,'' pungkas Ayat.(Hen)